Senin, 22 November 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

NO : 01. Mengapresiasikan karya seni rupa


SEKOLAH                                      : SMP NEGERI 1 BANTARBOLANG
MAPEL                                           : SENI BUDAYA
KELAS / SEMESTER                    : IX/1
WAKTU                                          : 4X 40’


  1. STANDAR KOMPETENSI
1. Mengapresiasikan karya seni rupa

  1. KOMPETENSI DASAR
1.1 . Mengapresiasikan seni rupa murni yang di ciptakan di manca negara.
1.2 . Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni    rupa murni manca negara

  1. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mendiskrepsikan hasil karya seni rupa Manca negara berdasarkan unsur-unsur
    Nya
2. Mengindentifikasi unsur-unsur seni rupa manca negara akan dikembangkan
    Menjadi karya seni murni

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
      1. Pertemuan 1
      2. Pertemuan 2  

E.  MATERI AJAR
1. Pertemuan 1
    Siswa dapat mendiskripsikan hasil karya seni rupa manca negara lewat media/      
    Multi media.
    Siswa dapat mengindentifikasi unsur-unsur seni rupa manca negara yang akan
    Dikembangkan menjadi karya seni murni

F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode                           : Ceramah, penugasan
2. Model Pembelajaran      ; Pemberian ceramah, menerangkan, pemberian tugas


      G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
            Pertemuan 1dan 2  : Pemberian ceramah dan menerangkan

NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan,
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenal materi yang akan diajarkan
Dengan membaca referensi.

25 menit
ceramah
2.
Kegiatan Inti,
  1. Eksplorasi
Membaca buku-buku referensi/ melihat dari multi media dan mengambil dari lingkungan daerah setempat serta informasi dari mancanegara.

  1. Elaborasi
Mendiskusikan unsur-unsur seni rupa murni dari lingkungan daerah setempat serta informasi dari manca negara


  1. Konfermasi
Bertanya jawab tentang aspek sosial karya seni rupa daerah setempat serta manca negara.

35 menit






40 menit





40 menit
Ceramah






Ceramah, penugasan




Ceramah dan tanya jawab
3.
Penutup,
            Memberikan tanggapan dan menyimpulkan
            Hasil.
            Penugasan-penugasan

20 menit




        H. SUMBER BELAJAR
             1.CD/VCD
             2.Buku teks, karya-karya seni rupa manca negara insiklopedia indonesia

         I. PENILAIAN HASIL BELAJAR

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Intrumen
Instrumen
Gagasan, penguasaan teknik, ketepatan bentuk kreatifitas


Tes unjuk kerjs
Uji petik prosedur
Jelaskan hasil karya seni rupa Manca negara berdasarkan unsur-unsurnya
Gagasan, penguasaan teknik, ketepatan bentuk kreatifitas




Tes unjuk kerjs
Uji petik prosedur
Unsur-unsur apa saja yang akan dikembangkan dari seni rupa Manca negara untuk pembuatan karya seni murnimu? Beri alasan pengambilan unsur tersebut


SKOR NILAI : SKOR PEROLEHAN X…30…………….


Kunci Jawaban :
NO
Jawaban
Skor nilai
1.
Karya seni rupa manca negara berdasarkan unsur-unsur sangatlah baik dari penempatan bentuk, warna, media, dan sarana lainnya yang mendukung.
30
2.
Unsur warna,bidang, gelap terang.
30
3.
Unsur warna, bidang, gelap terang unsur ini dipergunakan dengan sangat hati-hati karena seniman sudah memikirkan apa yang mereka buat secara profesional
30
Jumlah skor maksimal                                                                          90







                                                                                      Bantarbolang, 12 Juli 2010
 Mengetahui                                                                      Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bantarbolang                                      Seni Budaya



 Drs. DADI SUSKIWORO                                                SAKIR JIYANTO, S.Pd
 NIP. 1964100419890301…                                              NIP, 1965102019890301016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar