RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
NO : 01. Mengapresiasikan karya seni rupa
SEKOLAH : SMP NEGERI 1 BANTARBOLANG
MAPEL : SENI BUDAYA
KELAS / SEMESTER : IX/1
WAKTU : 4X 40’
- STANDAR KOMPETENSI
1. Mengapresiasikan karya seni rupa
- KOMPETENSI DASAR
1.1 . Mengapresiasikan seni rupa murni yang di ciptakan di manca negara.
1.2 . Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni manca negara
- INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mendiskrepsikan hasil karya seni rupa Manca negara berdasarkan unsur-unsur
Nya
2. Mengindentifikasi unsur-unsur seni rupa manca negara akan dikembangkan
Menjadi karya seni murni
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
2. Pertemuan 2
E. MATERI AJAR
1. Pertemuan 1
Siswa dapat mendiskripsikan hasil karya seni rupa manca negara lewat media/
Multi media.
Siswa dapat mengindentifikasi unsur-unsur seni rupa manca negara yang akan
Dikembangkan menjadi karya seni murni
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah, penugasan
2. Model Pembelajaran ; Pemberian ceramah, menerangkan, pemberian tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1dan 2 : Pemberian ceramah dan menerangkan
NO | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan, Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenal materi yang akan diajarkan Dengan membaca referensi. | 25 menit | ceramah |
2. | Kegiatan Inti,
Membaca buku-buku referensi/ melihat dari multi media dan mengambil dari lingkungan daerah setempat serta informasi dari mancanegara.
Mendiskusikan unsur-unsur seni rupa murni dari lingkungan daerah setempat serta informasi dari manca negara
Bertanya jawab tentang aspek sosial karya seni rupa daerah setempat serta manca negara. | 35 menit 40 menit 40 menit | Ceramah Ceramah, penugasan Ceramah dan tanya jawab |
3. | Penutup, Memberikan tanggapan dan menyimpulkan Hasil. Penugasan-penugasan | 20 menit | |
H. SUMBER BELAJAR
1.CD/VCD
2.Buku teks, karya-karya seni rupa manca negara insiklopedia indonesia
I. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Penilaian | Teknik Penilaian | Bentuk Intrumen | Instrumen |
Gagasan, penguasaan teknik, ketepatan bentuk kreatifitas | Tes unjuk kerjs | Uji petik prosedur | Jelaskan hasil karya seni rupa Manca negara berdasarkan unsur-unsurnya |
Gagasan, penguasaan teknik, ketepatan bentuk kreatifitas | Tes unjuk kerjs | Uji petik prosedur | Unsur-unsur apa saja yang akan dikembangkan dari seni rupa Manca negara untuk pembuatan karya seni murnimu? Beri alasan pengambilan unsur tersebut |
SKOR NILAI : SKOR PEROLEHAN X…30…………….
Kunci Jawaban :
NO | Jawaban | Skor nilai |
1. | Karya seni rupa manca negara berdasarkan unsur-unsur sangatlah baik dari penempatan bentuk, warna, media, dan sarana lainnya yang mendukung. | 30 |
2. | Unsur warna,bidang, gelap terang. | 30 |
3. | Unsur warna, bidang, gelap terang unsur ini dipergunakan dengan sangat hati-hati karena seniman sudah memikirkan apa yang mereka buat secara profesional | 30 |
Jumlah skor maksimal 90
Bantarbolang, 12 Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Bantarbolang Seni Budaya
Drs. DADI SUSKIWORO SAKIR JIYANTO, S.Pd
NIP. 1964100419890301… NIP, 1965102019890301016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar