SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 20 Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas : VIII ( Delapan )
Semester : Gasal
STANDAR KOMPETENSI : Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai bahasa Jawa.
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | PENILAIAN | CONTOH INSTRUMEN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | ||||||||
1. 2 3 | Mendengarkan dan memahami cerita yang dibacakan (misalnya, cerita lakon wayang, cerita rakyat, cerpen,dsb) -Mendengarkan dan memahami isi berita (misal rekaman siaran berita dalam bahasa jawa, berita media massa bhs jawa yang dibacakan,dsb) Mendengarkan dan memahami iklan(misal iklan obat, alat pertanian, dsb) | -Teks “Cerita Rakyat” Teks berita atau rekaman siaran berita radio berbahasa jawa Teks iklan | -Menjawab pertanyaan bacaan. -Menceritakan kembali cerita yang didengar dengan bahasa sehari-hari / dalam ragam bahasa tertentu (ngoko, krama) -Menuliskan ringkasan cerita yang didengar. -Memberikan tanggapan tentang isi cerita. -Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita yang didengar. -Menuliskan pokok-pokok berita -Memberikan tanggapan terhadap berita yang didengar -Menjawab pertanyaan bacaan/berita -Mampu memberikan tanggapan tentang iklan yang didengar -Mampu menuliskan maksud iklan -Mampu menjawab pertanyaan bacaan/ iklan yang didengar | -. Menyebutkan topik bacaan -Menceritakan isi wacana secara singkat - Menyebutkan tokoh-tokoh dalam bacaan -Menyebutkan watak tokoh -Mendengarkan berita -Membuat ringkasan isi berita -Memberi tanggapan dari berita yang didengarnya - Menjawab pertanyaan -Memberikan tanggapan tentang iklan yang didengar -Menuliskan maksud iklan -Menjawab pertanyaan tentang iklan yang didengar | -Individu -Kelompok -Individu -Kelompok -Individu | - Uraian -Uraian -Uraian | - Apa underaning (topik) wacan iki? -Critakna isine wacan kanthi ringkes! -Aranana paraga sing tinemu ing wacan! -Aranana sifate para paraga utama ing wacan mau! -Inti isine pengumuman iku apa sebutna! -Tulisen apa sing ana ing pikiranmu ngengingi bab pengumuman iku! -Manut pendapatmu, kepriye anane iklan obat iku? -Karepe apa kanthi anane iklan iku? -Wangsulana pitakon iki sing gegandhengane karo iklan ing dhuwur | 2 x 40 2 x 40 2 x 40 2 x 40 | - Buku Teks. -Buku Teks pendamping - Buku Teks. -Buku Teks pendamping - Buku Teks. -Buku Teks pendamping |
STANDAR KOMPETENSI : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan scara lisan melaui kegiatan berpidato, bercerita dan berdialog dalam berbagai
ragam bahasa Jawa ssuai dengan unggah-ungguh basa yang benar.
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | PENILAIAN | CONTOH INSTRUMEN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | ||||||||
1. 2 3 | Menyampaikan informasi dengan berpidato (misal berpidato dalam forum rapat Bercerita tentang pengalaman pribadi misalnya berkemah, bertamasya, perpisahan kelas, atau pengalaman lain yang menarik Melakukan percakapan dengan rang tua/ yang lebih tua, misalnya bertanya/menanyakan seuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan,dsb | - Teks pidato Macam-macam pengalaman pribadi Ragam krama dan krama inggil | -Menuliskan pokok-pokok pidato dalam berbagai ragam bahasa jawa, termasuk dialek -Menuliskan naskah pidato dalam berbagai ragam bahasa jawa -Berpidato dengan lafal, intonasi dan irama yang sesuai dalam berbagai ragam bahasa jawa, termasuk dialek -Menulis cerita pengalaman pribadi dalam berbagai ragam bahasa jawa termasuk dialek -Menceritakan pengalaman pribadi yang menarik -Menjawab pertanyaan terhadap materi yang diceritakan -Menyampaikan pesan/ undangan lisan kepada orang tua/ yang lebih tua sesuai dengan unggah-ungguh basa yang benar -Bertanya jawab dengan orang tua/yang lebih tua dengan unggah ungguh basa yang benar. | -Menyampaikan pidato dalam suatu acara -Membuat naskah pidato lalu menyampaikannya -Berpidato dengan lafal, intonasi dan irama yang sesuai dengan situasi -Membuat teks cerita pengalaman pribadi sesuai dengan dialeknya masing-masing. -menceritakan pengalaman pribadi yang menarik. -Menjawab prtanyaan -Mengutarakan pesan kepada orang yang lebih tua sesuai dengan unggah-ungguh yang benar -Melakukan tanya jawab dengan orang tua/yang lebih tua dengan unggah ungguh basa yang benar. | -Individu -Kelompok -Individu -Kelompok Individu -Kelompok | -Uraian Uraian Praktek | -Pidatoa neng ngarep kelas nganggo naskah sing ana ing buku1 -Coba gawea naskah pidato nganggo bahasamu dhewe manut swasana sing arep ko kandhakake! -Majua siji-siji pidato neng ngarep kelas kanthi naskah sing kogawe mau! -Gawea karangan bab pengalaman pribadimu! -Critakna ing ngarep kelas crita pengalaman pribadi kang kogawe? -Diskusekna asiling crita kancamu kaluwihan lan kekurangane lan sempurnakna supaya luwih becik! Matura karo bapakmu menawa sesuk jam 8 ana acara gotong royong! -Matura karo bapakmu babagan gotong royong ndandani dalan! | 2 x 40 2 x 40 2 x 40 2 x 40 | -Buku Teks. -Buku Teks pendamping -Buku Teks. -Buku Teks pendamping Buku Teks. -Buku Teks pendamping |
STANDAR KOMPETENSI : a. Mampu membaca dalam hati dan memahami isi bacaan baik sastra maupun non sastra.
b. Mampu membaca nyaring atau bersuara sesuai dengan intonasi, jeda, tmpo, lafal dan irama yang benar.
c. Mampu membaca indah.
d. Mampu membaca dan memahami bacaan berhuruf Jawa.
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | PENILAIAN | CONTOH INSTRUMEN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | ||||||||
1 2 3 4 | Membaca dalam hati teks bacaan sastra misal lakon wayang, cerita rakyat. Membaca nyaring bacaan non sastra. Membaca bacaan sastra misal cerkak. -Membaca dan memahami bacaan berhuruf Jawa ± 10 kalimat (alinea) | Teks bacaan sastra misal cerita rakyat. Teks bacaan non sastra. Teks Cerkak.. -Bacaan berhuruf Jawa | Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan / tetulis. -Menyebutkan tokoh-tokoh cerita. -Menuliskan ringkasan isi cerita. -Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sehari-hari dengan ragam lain misal krama, ngoko. -Menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam cerita / bacaan. Membaca bacaan dengan lafal, intonasi dan irama yang ssuai. -Menjelaskan maksud bacaan. -Membaca indah sebuah cerkak.. -Menceritakan isi cerkak secara lisan dan tertulis -Mambaca lancar bacaan berhuruf Jawa. -Menyalin bacaan berhuruf Jawa kedalam huruf latin. -Menjelaskanisi bacaan. -Menjawab pertanyaan. | Membaca dalam hati teks sastra. -Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan / tetulis. -Menjelaskan tokoh-tokoh cerita.. -Meringkas cerita yang dibaca. -Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sehari-hari. -Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita.. Membaca bacaan. Membacakan sebuah cerkak. -Bercerita tentang cerkak secara lisan -Membaca bacaan berhuruf Jawa. -Menyalin bacaan berhuruf Jawa ke-dalam huruf latin. -Menjawab pertanyaan. | -Individu -Kelompok Individu Kelompok Individu Kelompok Individu Kelompok | -Uraian Uraian Uraian Uraian | Wacanen batin cerita rakyat iki! -Tulisen sapa wae paraga ing crita iku? -Gawea ringkesan crita kasebut! -Critakna surasane wacan mau! -Tulisen patuladhan ing crita mau! Wacanen wacan iku kanthi lafal kan bener ! -Gawea ringkesan isine wacan. Membacakan sebuah cerkak Wacanen tulisan aksara Jawa iki ! -Owahana tulisan Jawa iki dadi tulisan latin. -Terangna isi wacan kasebut kanthi ringks. -Sapa paragane wacan kasebutt? | 2 x 40 2 x 40 2 x 40 2 x 40 | -Buku Teks. -BukuTeks pendamping -Buku Teks. -BukuTeks pendamping -Buku Teks. -BukuTeks pendamping -Buku Teks. -BukuTeks pendamping |
STANDAR KOMPETENSI : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan scara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan
ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh basa yang benar.
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | PENILAIAN | CONTOH INSTRUMEN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | ||||||||||||
1. | -Menulis tentang ketrampilan hidup. | -Ketrampilan hidup. -Membuat makanan tradisional setempat. -Membuat tahu / tempe | -Menulis tentang ketrampilan hidup dalam berbagai ragam bahasa. | -Menyebutkan macam-macam ketrampilan hidup.. -Menjlaskan hal-hal yang perlu disampaikan dalam menulis proses pembuatan sesuatu. -Menuliskan salah satu proses pembuatan makanan yang dikuasai. | -Individu -Kelompok | -Uraian | -Gawea kelompok, gatekna carane gawe endhog asin ! -Gaweya laporan proses panggawene kanthi ganep nganggo basa sing becik lan format sing bener. | 2 x 40 2 x 40 | -Buku Teks. -Buku Teks pendamping | ||||
2. 3. 4 | -Menulis surat undangan. -Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat. Mengapresiasi tembang macapat | -surat undangan. -Menulis laporan kunjungan. Tembang macapat | -Menulis surat undangan. -Menanggapi surat undangan -Menulis laporan kunjungan. Menceritakan dan menuliskan tembang macapat | -Diskusi tentang surat undangan. -Membuat surat undangan. -Mengadakan kunjungan ke suatu tempat. -Menulis laporan kunjungan. -Mendengarkan guru melagukan tembang macapat bersama kelompoknya Mengartikan kata-kata yang ada dalam tembang macapat -Menuliskan maksud yang terkandung dalam tembang macapat | -Individu -Kelompok -Individu -Kelompok Individu -Kelompok | -Uraian -Uraian Uraian | - --Gawea layang ulem ! -Gawea laporan sawise kowe nekani papan kang penting ! -Tulisen tembung-tembung sing sakirane durung mudeng tegese, banjur diskusia karo kelompokmu -Pesen apa sing ko temokake ana ing tembang kuwi mau | 2 x 40 2 x 40 2 x 40 | -Buku Teks. -Buku Teks pendamping -Buku Teks. -Buku Teks pendamping Buku Teks. -Buku Teks pendamping | ||||
5. | -Menulis tentang ketrampilan hidup kerajinan tangan, membuat sesuatu, memperbaiki sesuatu dsb. | Ketrampilan hidup | Menulis tentang ketrampilan hidup dalam berbagai ragam bahasa Jawa. | Membuat kerangka karangan. -Mengembangkan kerangka karangan | Individu -Kelompok | Uraian | Gawea karangan carane nandur melon ! | 2 x 40 | Buku Teks. -Buku Teks pendamping |
. 6 . | -Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat. | -Menulis laporan kunjungan. | -Menulis laporan kunjungan | -Mengadakan kunjungan pabrik tahu. -Menulis laporan kunjungan objek wisata pantai. | -Individu -Kelompok | -Uraian | -Gawea laporan kunjungan pabrik tahu. -Gawea laporan kunjungan menyang pantaipantai. | 2 x 40 | -Buku Teks. -Buku Teks pendamping |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN KTSP
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Semester I
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS VIII
GURU BIDANG STUDI :
NIP :
SMP NEGERI 20 SURAKARTA